APBD Simalungun 2017 Disahkan Rp2,4 Triliun

SumutNews.com  |  SIMALUNGUN – Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Simalungun Tahun Anggaran 2017 disahkan sebesar Rp2,4 triliun lebih atau mengalami kenaikan sekitar Rp200 miliar dari tahun lalu.

Dalam rapat paripurna pengesahan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Tentang APBD TA 2017 yang dipimpin Ketua DPRD Simalungun, Johalim Purba didampingi dua wakil ketua dan dihadiri Bupati JR Saragih,sebanyak tujuh fraksi melalui juru bicaranya masing-masing menyatakan setuju usulan R-APBD TA 2017 disahkan menjadi peraturan daerah (perda).

Terkait peningkatan  target pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Simalungun TA 2017 yang ditargetkan sebesar Rp213 miliar atau naik sekitar Rp72 miliar dari tahun lalu sebesar Rp141 miliar mendapat apresiasi dari Fraksi PDIP DPRD Simalungun yang disampaikan juru bicaranya Jhon Manat Purba dalam pemandangan akhir fraksi.

“Fraksi PDIP mengapresiasi dan sangat mengharapkan tekat dan keberanian Pemkab Simalungun menaikan PAD yang sangat siginifikan tahun 2017. Namun diharapkan tetap dilaukan evaluasi terukur per triwulan sehingga secara periodik dapat dipantau reealisasinya,” ujar Jhon.

Dalam APBD TA 2017 yang disahkan belanja pegawai yang masuk dalam belanja tidak  langsung masih mendominasi sebesar Rp1,6 triliun dan belanja lagsung atau pembangunan daerah sebesar  Rp671 miliar lebih.

Bupati Simalungun JR Saragih mengapresiasi pengesahan APBD 2017 yang dapat dibahas dan disahkan tepat waktu sesuai dengan yang diharapkan,sehingga pelaksanaan pembangunan nantinya bisa berjalan pada awal tahun 2017.

“ Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Simalungun,saya mengapresiasi pembahasan dan pengesahan APBD TA 2017 yang dapat dilakukan DPRD Simalungun tepat waktu,sehingga diharapkan pelaksanaan pembangunan daerah bisa dilaksanakan pada awal tahun 2017 nanti,” timpal JR.

Ketua DPRD Simalungun, Johalim Purba usai pengesahan meminta seluruh anggota legislatif untuk aktif mengawasi realisasi penggunaan APBD di daerah pemilihannya masing-masing,terutama yang terkait dengan aspirasi masyarakat.

“ Anggota DPRD Simalungun diharapkan ikut aktif mengawasi realisasi APBD TA 2017 di daerah pemilihannya masing-masing terutama yang terkait dengan aspirasi pembangunan daerah yang diusulkan masyarakat,” tandas Johalim. (SN/Ronal).

Leave a Reply

*