Merayakan Natal Tak Harus Mahal

SumutNews.com | MEDAN —Bukan hanya merayakan tahun baru, penghujung tahun juga berarti perayaan Natal di seluruh dunia. Mungkin, Anda adalah salah satu dari mereka yang merayakannya secara meriah.

Perayaan Natal memang identik dengan ornamen yang meriah, lampu-lampu, warna terang, dan banyak kado. Secara turun-temurun, kebiasaan ini digambarkan sebagai ungkapan rasa sukacita atas lahirnya Yesus Kristus. Namun bukan berarti perayaan “wajib” ini dilakukan secara meriah, Anda bisa menyesuaikannya dengan kemampuan Anda agar tidak terkesan memaksakan.

Merayakan Natal tidaklah harus meriah dan mewah. Ada banyak cara sederhana yang dapat dilakukan untuk membuat perayaan Natal tetap berkesan dan memiliki makna, tanpa harus mengeluarkan banyak biaya dan tenaga. Berikut ini ada cara sederhana untuk merayakan Natal.

1. Kreasi pohon Natal.

Berkreasilah dengan benda yang Anda miliki di rumah. Misalnya, membuat pohon Natal dari tanaman lain, selain cemara. Suasana Natal memang lebih lengkap dengan hadirnya pohon Natal. Namun, bagi Anda yang belum punya atau ingin menggantinya dengan yang baru, cobalah berkreasi sendiri dengan pohon selain cemara. Bisa menggunakan pohon yang ada di halaman, pangkas sesuai selera Anda, dan bersihkan pohon dari kotoran. Usahakan Anda memilih pohon yang memiliki batang yang bercabang-cabang agar mudah untuk menaruh pernak-pernik dan hiasan lainnya.

Untuk mempercantik pohon, Anda perlu membuat tema, misalnya “White Christmas”, yang kental dengan nuansa salju. Anda bisa menghadirkan nuansa salju dari tambahan aksesori berupa kapas atau gabus yang telah dikreasikan sesuai keinginan Anda. Taruh kapas di ranting pohon, kemudian Anda juga bisa menyebar beberapa pinus kering secara tak beraturan di bawah pohon. Siapkan tali berwarna emas agar terkesan bergaya. Beberapa hiasan bola warna-warni bisa menambah kemeriahan pohon Natal.

Jika Anda sulit menemukan pohon seperti yang dimaksud, pilihlah pohon bonsai beringin yang tingginya kira-kira 40 sentimeter. Bersihkan dari daun-daun layu dan kotoran. Lilitkan pita berwarna merah atau emas pada cabang-cabangnya untuk tampilan lebih meriah. Pohon mini ini bisa terlihat lebih cantik lagi dengan tambahan aksesori bola-bola atau lampu Natal. Di bawahnya bisa juga ditambah beberapa kado.

2. Dekorasi meja makan sederhana.

Ingin tetap gaya, tetapi dengan usaha yang sederhana bisa dilakukan pada dekorasi meja makan keluarga. Anda hanya cukup menggantungkan dua hiasan Natal seperti: bola berwarna emas ataupun gantungan pohon salju di bagian belakang kursi makan. Dekorasi spesial ini bisa memberi kesan meriah. Hiasi perlengkapan makan seperti sendok dan garpu dengan pita-pita lucu berwarna-warni agar terlihat lebih menarik lagi.

3. Pajang kartu Natal keluarga.

Tunjukkan kekompakan Anda sekeluarga dengan memajang kartu Natal di dinding ruang utama keluarga. Pasanglah pada bingkai foto yang kosong agar terlihat lebih kreatif dan hiaslah dengan pita warna-warni. Dinding yang polos pun akan berubah menjadi berwarna dengan tampilan kartu ucapan yang menarik.

4. Hiasan sederhana untuk dapur dan kamar mandi.

Untuk hiasan yang akan diletakkan di kamar mandi, pilihlah ornamen-ornamen Natal yang tidak mudah pecah. Gantungkan di pintu kamar mandi atau ditempel dekat wastafel. Anda juga bisa menempelkan pernak-pernik dengan kesan Natal yang kuat di dapur agar suasana Natal lebih terasa.

5. Kado Natal.

Salah satu pernak-pernik yang juga identik dengan Natal adalah acara tukar-menukar kado. Entah sejak kapan tradisi ini berlangsung, tetapi yang pasti, Natal kemudian menjadi ajang unjuk kasih sayang bagi para pemeluk Nasrani. Kasih sayang ini terwujud dalam sebentuk bingkisan untuk orang-orang terkasih. Tentu bukan hanya antarpasangan seperti pada “hari kasih sayang”. Tetapi juga antaranggota keluarga, sahabat, rekan kerja, dan lain-lain. Bingkisan yang diberikan pun dapat bermacam-macam jenis dan kegunaannya, tergantung kepada siapa bingkisan tersebut hendak ditujukan.

Sebagai bingkisan Natal tahun ini, Anda dapat mempertimbangkan untuk menjatuhkan pilihan pada bingkai. Bingkai foto bisa diberikan kepada siapa saja, baik tua-muda, perempuan atau laki-laki. Untuk menambahkan kesan pribadi, bingkai pilihan Anda dapat diisi dengan foto kenangan bersama calon penerima hadiah. Sementara untuk kado anak-anak, dengan memberikan perlengkapan sekolah atau berbagai mainan edukasi sangat bermanfaat. (SN/INT).

Leave a Reply

*