Beranda Daerah

608 Hektare Sawah di Kabupaten Langkat Alami Kekeringan

BERBAGI

MEDAN, SumutNews.com | Seluas 645 hektare lahan sawah di Sumatera Utara mengalami kekeringan. dalam kategori ringan. Dari beberapa kabupaten yang mengalami kekeringan, Kabupaten Langkat merupakan yang paling luas.

“Dari hasil monitoring seluas 645 hektare sawah mengalami kekeringan dengan kategori ringan. di Kabupaten Deli Serdang seluas 26 ha, Langkat 608 ha, Labuhan Batu 4 ha dan Labuhan Batu Utara seluas 7 ha,” kata Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikulrura Provinsi Sumatera Utara Dahler, Kamis (29/8/2019).

Ia mengatakan, kekeringan terjadi karena tidak turunnya hujan selama beberapa bulan, sehingga sawah-sawah mengalami kekeringan.

Untuk menanganinya, pihaknya merekomendasikan penyiapan sarana dan prasaranya untuk mengairi lahan yang terkena dampak dengan pompanisasi. Saat ini hujan telah mulai turun sehingga diharapkan kekeringan menjadi pulih.

“Sebab kondisi sekarang rata-rata pertamaman padi sudah mulai pada panen dan Aman dari serangan OPT, terutama di Kabupaten Deli Serdang, Sergei, Langkat, Binjai, Simalungun, Tapsel dan Madina dan Taput,” jelasnya.

Ia mengatakan, untuk kekeringan yang harus diwaspadai saat ini adalah di Kecamatan Secanggang yang memiliki pertanaman seluas 5.000 ha.

“Jika beberapa hari ini tidak hujan bakalan terancam kekeringan di sana,” pungkasnya.