Beranda Peristiwa

BNN Sita Aset Napi Lapas Cilegon Pengedar 30 Kg Sabu Senilai Rp28 M

BERBAGI

JAKARTA, SumutNews.com | Badan Narkotika Nasional (BNN) melakukan pengembangan kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU) terhadap Adam, narapidana Lapas Cilegon yang divonis mati dalam kasus peredaran narkoba, namun dianulir Mahkamah Agung menjadi 20 tahun penjara.

Dalam pengembangan tersebut petugas menyita barang bukti uang tunai dan dolar singapura, perhiasan emas dan batu mulia, emas batangan, rumah mewah, Showroom mobil, 8 mobil mewah, 6 unit kapal, serta tanah .

“Pada 28 Agustus 2019 kita melakukan pengembangan kasus TPPU dengan tersangka Adam. Total yang disita sekitar Rp 28 miliar,” kata Deputi Pemberantasan BNN Irjen Arman Depari, dalam keterangannya, Kamis (29/8).

Barang bukti yang disita kemudian dibawa ke kantor BNNP Kepulauan Riau. Tim BNNP Kepri juga masih melakukan pengembangan untuk menangkap jaringan lainnya serta aset-aset yang masih tersisa dari tersangka Adam.

Diketahui, BNN menggagalkan peredaran 30 kilogram sabu-sabu dan 41 ribu butir ekstasi di pelabuhan Merak, Cilegon, dan Banten. Barang tersebut dikendalikan dari dalam lapas dengan napi bernama Adam.

Tiga tersangka yang diduga berperan dalam penyelundupan narkoba dari Malaysia ke Indonesia berhasil ditangkap.

Ketiga tersangka ikut membantu tersangka Adam sebagai pengendali untuk menyembunyikan hasil kejahatan berupa uang, perhiasan, dan aset yang diperoleh dari kejahatan narkoba.